Image

Tentang Kami


Erasmus+ Capacity Building in Higher Education Joint Project

UNITED – Engineering Knowledge Transfer Units to Increase Students’ Employability and Regional Development

Project Duration: 15.01.2019 – 14.01.2022

Coordinator: FH JOANNEUM GesmbH (Austria)

Target Countries: Indonesia, Malaysia, Thailand

Unit Transfer Pengetahuan Teknik (Engineering Knowledge Transfer Units, EKTU) untuk Meningkatkan Kesempatan Kerja Siswa dan Pengembangan Wilayah

Negara-negara mitra UNITED seperti Indonesia (ID), Malaysia (MY), dan Thailand (TH) mewakili industri-industri otomotif terbesar (mengingat peningkatan jumlah unit-unit yang diproduksi) di kawasan Asia Tenggara dan negara-negara ini juga sangat penting untuk produksi mobil dunia. Akan tetapi, tidak banyak yang sudah dilakukan untuk memastikan adanya kemajuan teknis melalui penelitian dan pengembangan (R&D). Dengan mempertimbangkan prospek dan angka-angka industri saat ini, maka diperlukan lebih banyak insinyur dalam bidang ini.

Sebagian besar OEM dengan anak-anak perusahaan di ID, MY, dan TH saat ini mempekerjakan staf teknik dari luar negeri untuk mengisi kesenjangan pengetahuan yang ada, yang merupakan bukti lebih lanjut dari kurangnya kapasitas manusia yang berkualitas di tingkat lokal. Semua mitra-mitra dari ID, MY dan TH menghadapi sebuah tantangan yang menghambat pertumbuhan mereka lebih lanjut di industri otomotif: kurangnya insinyur berpendidikan tinggi yang berfokus pada pengembangan otomotif.


Misi
UNITED mengatasi kurangnya tenaga kerja terampil saat ini di bidang teknik otomotif dengan tujuan untuk meningkatkan dampak positif dari industri otomotif pada pengembangan daerah dan internasionalisasi.

UNITED mengatasi kurangnya tenaga kerja terampil saat ini di bidang teknik otomotif (Automotive Engineering, AE) dengan tujuan untuk meningkatkan dampak positif dari industri otomotif pada pembangunan daerah melalui:

  1. Peningkatan kapasitas melalui pelatihan oleh para ahli di perguruan-perguruan tinggi mitra di Indonesia, Malaysia dan Thailand untuk para staf akademik, mahasiswa dan perusahaan yang tertarik dengan teknik otomotif.
  2. Pendirian dan pengoperasian Unit Transfer Pengetahuan Teknik (EKTU) di perguruan-perguruan tinggi mitra di Indonesia, Malaysia dan Thailand untuk meningkatkan kesadaran dan keahlian di bidang teknik mesin dan teknik otomotif (AE) dengan menawarkan pelatihan-pelatihan kepada para kelompok sasaran.
  3. Membina kerjasama universitas-bisnis melalui EKTU, dengan fokus pada tren terkini dalam teknik otomotif dan membangun jaringan UNITED untuk pertukaran ilmu pengetahuan secara internasional mengenai topik AE. Ini akan mengarah pada peningkatan pengetahuan tentang AE, standar pengajaran yang lebih tinggi, dan kemampuan kerja lulusan yang lebih tinggi di negara-negara mitra.


Para staf akademik, mahasiswa, dan perusahaan akan memperoleh peningkatan pengetahuan tentang teknik otomotif dan mesin untuk mencapai tujuan-tujuan berikut:

  1. untuk menyebarkan pengetahuan tentang teknik otomotif dan teknik mesin selama pelatihan vokasi yang diberikan oleh EKTU
  2. untuk meningkatkan jumlah proyek penelitian dengan perusahan di bidang teknik otomotif dan teknik mesin
  3. untuk meningkatkan kerjasama universitas-bisnis dan kemampuan kerja para mahasiswa karena pengetahuan tentang otomotif dan teknik mesin mereka telah ditingkatkan
  4. untuk menciptakan jaringan baik nasional maupun internasional dengan kelompok-kelompok sasaran dari industri otomotif untuk meningkatkan dampak ekonomi pada pembangunan daerah di industri ini
  • Industri otomotif
  • Mahasiswa & Himpunan Mahasiswa
  • Akademisi yang Berfokus pada Otomotif dan Teknik Mesin
  • Pimpinan & Manajer Institusi Pendidikan Tinggi
  • Asosiasi Otomotif

UNITED "Engineering Knowledge Transfer Units (EKTU) di setiap perguruan-perguruan tinggi di negara-negara mitra Asia Tenggara: EKTU akan menawarkan pelatihan vokasi oleh para ahli yang berkualifikasi di bidang teknik otomotif dan teknik mesin dan memastikan bahwa materi-materi pelatihan yang dibuat akan ditransfer dalam bentuk ilmu pengetahuan ke negara-negara mitra. Bagi konsorsium, sangat penting untuk menciptakan dampak yang berkelanjutan dalam hal pengetahuan teknis dan untuk memberikan kemungkinan pelatihan langsung di bidang otomotif dan teknik mesin.


Jaringan UNITED dan platform transfer pengetahuan: Sebuah jaringan akan dibentuk untuk mempromosikan pertukaran internasional tentang topik-topik yang berkaitan dengan otomotif dan teknik mesin di antara berbagai kelompok sasaran dan para pakar internasional dari akademisi dan industri. Dengan tersambung ke jaringan tersebut, platform transfer pengetahuan akan didirikan. Tujuan dari platform ini adalah untuk saling berbagi pengetahuan di antara para anggota jaringan tentang topik inti proyek dan untuk mempromosikan keberadaan Engineering Knowledge Transfer Units sebagai pusat keahlian.

Facebook, Social Media, Kommunikation, Netzwerk FOLLOW US: https://www.facebook.com/unitederasmus/

 

This project has been funded with support from the European Commission. This publication reflects the views only of the author, and the Commission cannot be held responsible for any use which may be made of the information contained therein.

Project number: 598710-EPP-1-2018-1-AT-EPPKA2-CBHE-JP